Visi Dan Perencanaan Kunci Sukses

Visi dan perencanaan kunci sukses ~ Bahan renungan Kristen tentang visi dan perencanaan kunci sukses. Sususnan bahan renungan Kristen terbagi dalam empat bagian, yaitu bagian pertama, pujian dan penyembahan; bagian kedua, sharing life atau kesaksian hidup yang dialami; ketiga, bagian sharing firman Tuhan; bagian keempat, sasaran dan penerapan . Silahkan mengikut tahapan-tahapan bahan renungan Kristen secara lengkap di bawah ini.

S1 – Pujian Dan Penyembahan (10 menit)
S2 – Kesaksian (20 menit)
Ceritakanlah berkat rohani yang Anda dapatkan sepanjang minggu ini selama Anda merenungkan firman Tuhan. Ceritakan juga pengalaman Anda tentang bagai- mana  mempraktekkan komitmen pribadi Anda setelah memperoleh pelajaran firman Tuhan melalui Sekolah Alkitab Keluarga.
S3 – Sharing Firman Tuhan Dan Diskusi (50 menit)


BACAAN: Nehemia 2:1-10
Saat memasuki tahun 2014 tentu semua orang berharap tahun ini menjadi tahun yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Bagi mereka yang mengalami kegagalan tentu mereka berharap agar di tahun ini mereka menjadi sukses. Sementara yang sudah berhasil ingin lebih maju atau minimal sukses seperti waktu lalu. Untuk mengalami semua ini tentu ada hal-hal yang harus kita lakukan:

1. Temukan visi.
Visi membuat kita mampu melihat dengan jelas dan tepat akan masa depan yang lebih baik. Nehemia mendengar tentang keadaan kota Yerusalem yang sudah hancur, tetapi dia memiliki visi untuk membangun kota Yerusalem.

Visi itu memampukan dia melihat bahwa ada masa depan yang lebih baik bagi kota Yerusalem sekalipun saat itu Yerusalem sedang hancur. Sama seperti Nehemia, untuk dapat merumuskan visi, kita perlu bertanya kepada diri sendiri: Di bidang apakah saya mempunyai hasrat yang besar? Apa yang membuat saya rela memberi pengorbanan yang besar (baik waktu, tenaga, pikiran dan uang)? Apakah kelebihan/talenta yang saya miliki? Tuliskanlah dalam sebuah kalimat sederhana apakah visi Anda!

2. Buatlah perencanaan.
Nehemia tidak saja berani bermimpi tentang masa depan yang lebih baik bagi Yerusalem, ia juga segera membuat perencanaan (ay 4-8). Perencanaan berarti membuat pertimbangan yang matang sebelum melakukan sesuatu. Robert Schuler pernah berkata: If you fail to plan you plan to fail (jika engkau gagal membuat rencana, engkau sedang merencanakan kegagalan). Cobalah sebutkan salah satu rencana yang Anda buat untuk tahun ini, supaya yang lain juga ikut mendoakannya?

3. Bertindaklah sesuai rencana.
Tindakanlah yang membuat visi menjadi kenyataan. Visi yang tanpa tindakan hanyalah sebuah mimpi kosong. Setelah Nehemia membuat rencana, selanjutnya ia bertindak.
Namun pada waktu ia bertindak ada orang-orang yang berusaha menghalangi (ay 10), tetapi Nehemia tidak menyerah. Ceritakanlah tindakan yang akan segera Anda lakukan dalam waktu dekat untuk mewujudkan visi Anda?

S4 – Sasaran Dan Penerapan (10 menit)
Cantumkanlah pernyataan visi Anda di tempat di mana Anda dapat melihat dan membacanya setiap saat sehingga Anda termotivasi untuk mewujudkannya.
Visi Dan Perencanaan Kunci Sukses Visi Dan Perencanaan Kunci Sukses Reviewed by Unknown on 12:45 PM Rating: 5
Powered by Blogger.